Monday, October 7, 2013

EVALUASI DIRI

Evaluasi berarti menguji kembali semua yang telah dilakukan, sekaligus membuat antisipasi dan sikap mawas diri terhadap hal yang mungkin terjadi. Sikap evaluasi diri berarti menyadari bahwa mungkin kita tidak mampu mengontrol situasi di sekitar, namun kita bisa memberdayakan diri sendiri seoptimal mungkin. Maka, evaluasi diri adalah tingkat di mana individu menyukai atau tidak menyukai diri mereka sendiri, apakah mereka menganggap diri mereka cakap dan efektif, dan apakah mereka merasa memegang kendali atau tidak berdaya atas lingkungan mereka.
Ada empat cara menilai diri sendiri yaitu dengan analisis SWOT (Strenght, Weakness, Opportunity, and Threats). Analisis SWOT adalah analisa yang paling mendasar dalam menggambarkan diri untuk mengevaluasi suatu permasalahan. Strenght merupakan kekuatan yang dimiliki oleh seseorang yang dapat dikembangkan dimasa depan, Weakness merupakan kelemahan didalam diri seseorang yang dapat berdampak negatif dimasa depan. Sedangkan Opportunity adalah kesempatan/peluang yang dapat berkembang dimasa depan dan Threats adalah ancaman yang dapat berdampak negatif dimasa depan.

Menurut saya, kekuatan (strength) yang saya miliki adalah memiliki semangat dan kemauan yang tinggi, bertanggung jawab, memiliki berkomitmen pada ucapan sendiri, pantang menyerah jika terjadi kesulitan, saya juga dapat cepat beradaptasi dengan lingkungan yang baru karena seringnya orangtua saya berpindah-pindah lokasi pekerjaan.  Kemudian, saya juga memiliki penguasaan teknologi komputer dalam mengakses microsoft word, excel, dan power point, pandai mengatur waktu.  Lalu, saya memiliki kemauan untuk terus belajar dengan tekun dan saya juga merupakan pendengar yang baik, oleh karena itu sering menjadi tempat curhat teman–teman dan selalu bisa memberikan nasehat, selalu berusaha menyelesaikan pekerjaan dengan baik dalam setiap apapun yang saya kerjakan, selalu berusaha untuk mengerjakannya dengan maksimal.

Selain kekuatan, saya tentu juga memiliki kelemahan (weakness). Kelemahan yang ada pada diri saya yaitu kurang peduli terhadap lingkungan, boros, moody, kurang percaya diri jika bicara di depan umum, sulit mengambil keputusan dengan cepat, ceroboh karena sering tidak sabaran dalam mengerjakan sesuatu hal, lebih cenderung mementingkan diri sendiri/egois, tidak berani mengambil resiko dan kurang konsisten.

Peluang (opportunity) untuk diri saya antara lain, adanya sikap pantang menyerah, suka berkerja keras, mempunyai prinsip yang kuat dan beberapa kelebihan yang saya miliki sehingga saya dapat bekerja di perusahaan swasta yang saya inginkan dan adanya saudara yang bekerja pada perusahaan swasta serta luasnya jaringan internet.

Sedangkan,ancaman (threats) yang dapat menghambat berkembangnya potensi yang ada pada diri saya adalah banyaknya persaingan antar mahasiswa yang semakin kreatif, adanya tenaga kerja yang berpengalaman, meningkatnya persaingan diantara para lulusan sarjana, banyaknya tenaga kerja yang kompete. Tetapi dengan mengenali diri sendiri baik dari segi kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman dapat membantu saya mengenali hal-hal apa saja yang cocok untuk mengembangkan bakat dan kemampuan agar dapat mencapai kesuksesan di masa mendatang.

No comments:

Post a Comment